Video Edukasi : Skrining Genetik Pranikah

oleh : Tashya Angelie Tamara

The National Coordinating Center for the Regional Genetics Network (NCC) menyelenggarakan kegiatan tahunan, yaitu Public Health Genetics Week. NCC bertujuan untuk memperbaiki akses pelayanan genetik bagi populasi yang sulit dijangkau melalui edukasi, pengembangan tenaga kerja, dan meningkatkan kesadaran masayarakat tentang genetika. Public Health Genetics Week 2022 diselenggarakan tanggal 23 – 27 Mei 2022 dengan tema Family Health History atau Riwayat Kesehatan Keluarga.

Mengenali riwayat kesehatan keluarga dapat memudahkan kita untuk mengetahui kondisi kesehatan yang mungkin dapat menjadi masalah di kemudian hari. Genetika berbicara tentang pewarisan sifat gen dari generasi ke generasi yang tidak hanya mempengaruhi sifat, bentuk tubuh, warna mata, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan. Pentingnya identifikasi awal/ skrining dapat membantu masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih dini dan mencegah keparahan penyakit.

Archipelago Scholar bekerja sama dengan salah satu dosen dan ahli Bioetika di Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya, yaitu dr. Ervin Dyah Ayu Masita Dewi, M.Sc dalam membuat video edukasi tentang skrining genetik pranikah. Video edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarkat terutama calon pasangan suami-istri akan pentingnya melakukan skrining genetik pranikah.Video edukasi ini mengajak masyarakat untuk memahami tentang pengertian skrining genetik, siapa saja yang membutuhkan skrining genetik, tujuan dilakukannya skrining genetik pranikah, prosedur umum skrining genetik pranikah, pro dan kontra skrining genetik dalam masyarakat, serta cara mengantisipasi dampak yang kurang diharapkan dari skrining genetik pranikah.

Pada akhir video dr. Ervin Dyah Ayu Masita Dewi, M.SC menghimbau masyarakat untuk melakukan skrining genetik pranikah. Beliau menambahkan bahwa skrining genetik tidak hanya sebatas syarat administratif untuk menikah saja melainkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan generasi penerus bangsa. Diharapkan melalui video edukasi ini semakin banyak masyarakat yang memahami tentang tujuan dan manfaat dari skrining genetik sehingga dapat mewujudkan keluarga yang sehat, kuat, dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *