Workshop Komunitas Spinal Muscular Atrophy (SMA)

Komunitas SMA Indonesia mengadakan workshop tentang “masalah pernafasan pada SMA dan latihan pernafasan” dengan pembicara dr. Dian Marta Sari, SpKFR dan dr. Bernadetta Cahyo, SpKFR dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Kegiatan ini didukung oleh Archipelago Scholar dan Olifant School. SMA adalah penyakit genetik, ditandai adanya degenerasi saraf penggerak (motor neuron) di tulang belakang, yang mengakibatkan melemahnya pergerakan otot rangka tubuh, seperti otot kaki, tangan, punggung, percernaan dan pernafasan.

Penyandang SMA sering mengalami kesulitan dalam bernafas dan menelan, akibat melemahnya otot-otot di dada (intercostal muscles). Oleh karena itu, diperlukan perawatan pernafasan yang baik, sehingga anak bisa lebih hidup sehat dan mengurangi resiko pneumonia. Saat ini pengetahuan tentang paru-paru dan pernafasan penderita SMA di kalangan orang tua penyandang SMA masih terbatas.

Workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi bagi care giver atau orangtua anak-anak dengan SMA mengenai paru-paru dan pernafasan pada penyandang SMA dan kondisi darurat lainya yang perlu diwaspadai pada anak-anak dengan SMA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *