Archipelago Scholar Research Grant for Young Researcher in Health Professions Education 2022

oleh : Tashya Angelie Tamara

Archipelago Scholar Research Grant for Young Researcher in Health Professions Education merupakan program tahunan dari Yayasan Archipelago Scholar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat peneliti muda di bidang pendidikan profesi kesehatan. Bentuk kegiatan berupa pemberian hibah dana bagi penelitian mahasiswa yang terpilih. Pada tahun 2022 Archipelago Scholar berkolaborasi dengan Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika, Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, melalui kegiatan Indonesian Medical and Health Professions Education 1st International Conference (INA-MHPEC 2022) yang dilaksanakan pada bulan Juli 2022.

Archipelago Scholar membantu dalam proses promosi kegiatan INA-MHPEC 2022 melalui media sosial. Bagi mahasiswa yang tertarik dalam penelitian di bidang pendidikan profesi kesehatan dapat melampirkan abstrak kepada panitia INA-MHPEC 2022. Abstrak yang diperoleh panitia berjumlah 9 buah yang selanjutnya dipresentasikan oleh peserta. Penelitian yang dipilih oleh dewan juri berjudul “Exploration of Interprofessional Education Learning Methods in Achieving Collaborative Competencies during COVID-19 Pandemic” oleh Kevlar Azri Ghurafa, Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Penelitian yang terpilih membahas tentang dampak Interprofessional Education (IPE), yaitu suatu metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara kolaborasi antar dua atau lebih mahasiswa kesehatan yang berbeda program studi, misalnya mahasiswa keperawatan dengan mahasiswa kedokteran. Metode ini dilakukan secara online dengan salah satu kegiatan berupa pemberdayaan masayarakat. Kegiatan pemberdayaan masayarakat dapat membantu mahasiswa dalam mengasah keterampilan dan menambah pengalaman berdinamika langsung dengan masyarakat di lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *